Kontak Kami

Selamat Datang di Online Shop kami!

Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Pemesanan sebelum pukul 14.00 WIB akan dikirim pada hari yang sama. Apabila ada pemesanan setelah pukul 14.00 WIB akan dikirim keesokan harinya. Terima kasih atas perhatiannya
Beranda » Artikel Terbaru » Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal dengan teknologi Organik NASA

Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal dengan teknologi Organik NASA

Diposting pada 16 Maret 2017 oleh kinasa
Budidaya-Ikan-Lele-Dengan-Kolam-Terpal

Budidaya-Ikan-Lele-Dengan-Kolam-Terpal

Budidaya ikan Lele di Kolam Terpal dengan menggunakan Produk Organik NASA. Budidaya ikan lele dengan menggunakan media kolam terpal pada saat ini sudah menjadi pilihan paling favorit dibandingkan dengan memakai media lain karena tekhnik tersebut lebih praktis, hemat , ringkas dan lebih mudah dikontrol. Cara Ternak  lele di kolam terpal ini pun sudah menjadi  populer karena  mudahnya memperoleh media maupun bahan yang diperlukan  untuk budidaya ikan ini tanpa harus mempunyai lahan yang luas.

Tekhnik budidaya ikan lele  dengan menggunakan Produk Organik NASA (PT. Natural Nusantara) hasilnya pun juga akan lebih maksimal.

Kelebihan atau Keuntungan Budidaya ikan Lele di Kolam Terpal antara lain:

  • Tidak memerlukan lahan yang besar dan bisa disesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki, sehingga kita bisa juga membudidayakannya di perkarangan rumah.
  • Untuk Biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah.
  • Penggunaannya tidak terpengaruh oleh kondisi fisik tanah, di beberapa daerah mungkin juga mengandung tanah yang sudah terkontaminasi dengan zat kimia serta tidak steril dari hama.
  • Mudah dalam proses pengeringan maupun mengganti air supaya  tetap bersih.
  • Lebih fleksibel dan mudah jika suatu saat akan dipindahkan
  • Dalam mendeteksi hama penyakit lebih mudah.
  • Untuk mengamati pertumbuhan dan perkembangan lele lebih mudah
  • Serta saat panen lebih praktis dan lebih mudah

Cara Teknis dalam Budidaya Ikan Lele

Cara budidaya ikan lele di kolam terpal harus disesuaikan dan sebanding dengan jumlah bibit lele yang akan dikembangbiakkan. Usahakan ruang yang cukup di kolam terpal untuk pergerakan serta perkembangan lele.

Bahan yang harus dipersiapkan :

  • Terpal sesuai ukuran yang diinginkan dan diperlukan.
  • Papan, Kayu, batu bata ataupun kerangka besi lainnya.
  • Paku, tali dan kawat maupun alat penunjang dalam membuat kerangka. Jika kerangka dari kayu tentu memerlukan palu dan mungkin gergaji.
  • Alat lainnya mungkin seperti lem dan ember.

Jenis Budidaya Lele

Apabila  anda sudah melakukan pembuatan kolam dan kerangka, untuk  tahap selanjutnya yaitu  menentukan jenis budidaya dan ternak lele apa yang anda inginkan. Pada Umumnya ada 2 jenis ternak lele yang dilakukan oleh petani lele.

  • Ternak lele untuk pembibitan. Tujuan ternak ini adalah untuk membudidayakan lele sehingga bisa dijual lagi ke peternak lainnya dalam bentuk bibit lele. Untuk budidaya bibit lele ini memang tergolong cukup menguntungkan, karena waktu yang diperlukan tidak terlalu lama. Untuk ukuran lele antara 2-3 cm bisa diperoleh dalam kurun waktu 1 bulan, dan ukuran sedang  antara 5-7 cm diperoleh dalam waktu kurang lebih sekitar 2 bulan.
  • Ternak Lele untuk konsumsi. Budidaya ikan lele ini untuk tujuan di konsumsi, dalam arti budidaya dilakukan sampai lele berukuran besar / proporsional untuk ukuran konsumsi. Jika Anda punya keinginan berternak lele untuk tujuan konsumsi, alangkah baiknya untuk memilih jenis lele yang ukurannya sudah cukup sedang antara 6 – 7 cm supaya  mudah dan cepat untuk dikembangbiakkan. Rata-rata  lele ukuran ini dapat dikembangbiakkan serta siap dikonsumsi saat  usia 3 – 4 bulan.

Budidaya ikan lele memang cukup menjanjikan, namun ada berbagai faktor yang harus diperhatikan untuk budidaya ikan lele . Pengetahuan mengenai  tempat, air dan pakan ikan lele merupakan hal yang sangat penting dalam membantu kesuksesan ternak lele. Lele termasuk ikan air tawar yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi  dibandingkan dengan budidaya jenis ikan lainnya.

Tahap-tahap Cara untuk Budidaya Lele

Jika kolam terpal sudah disiapkan, maka untuk selanjutnya  adalah proses memberikan air di kolam tersebut. Selain itu juga ada beberapa tahap dalam memilih bibit lele yang baik.

Sebab Kegagalan Budidaya ikan Lele

Cara budidaya lele mungkin sudah dipraktekkan dengan benar dan teliti, namun faktor kegagalan tidak bisa dihindari di berbgai bisnis, termasuk juga dalam ternak lele ini. Ada berbagai faktor yang dapat memungkinkan terjadinya kegagalan dalam beternak lele.

  • Hama yang ada dikolam. Hama ini bisa berupa bakteri yang mengganggu bagi kesehatan serta pertumbuhan ikan lele. Selain itu, hama ini berupa kucing maupun binatang lain yang  berada di sekitar kolam.
  • Terburu -buru merupakan salah satu faktor kegagalan dalam budidaya ikan lele. memberi makan sebanyak-banyaknya karena ingin mendapatkan hasil yang cepat justru hal ini berbahaya bagi lele.
  • Tanpa adanya ruang terpisah antara ukuran lele yang besar dan kecil.
  • Kodisi air, tidak pernah di tambahkan jika kering ataupun diganti .

Cara budidaya ikan lele memang suatu tantangan, kesabaran dalam memulai usaha ini dibutuhkan supaya sukses. Apapun itu, pengalaman ternak lele merupakan guru terbaik untuk anda. Jika anda telah mencoba tentu hal tersebut akan menjadi kan anda mahir dalam berternak lele yang baik.

Kunci Keberhasilan Budidaya Lele di Kolam Terpal

Dalam mendukung keberhasilan budidaya ikan lele di kolam terpal, berikut ada beberapa tips dan kunci yang bisa anda terapkan, yaitu dengan penambahan TON sebagai formula untuk terapi air. TON (Tambak Organik Nusantara) merupakan pupuk khusus perikanan yang digunakan sebagai pupuk kolam ikan.

Produk TON dapat digunakan untuk semua jenis media kolam, seperti kolam ikan media semen permanen, kolam ikan media tanah, kolam ikan media terpal, kolam ikan model bak dengan media tong atau drum dan lain sebagainya.

Pemberian pupuk khusus perikanan TON untuk budidaya perikanan jenis apapun

  1. akan membantu dalam menciptakan ekosistem kolam yang kondusif bagi pertumbuhan ikan.
  2. membantu mempercepat pertumbuhan plankton sebagai pakan alami ikan.
  3. Membantu mengurai senyawa beracun yang bisa membunuh ikan.
  4. Membantu mempercepat pertumbuhan ikan sehingga panen bisa menjadi lebih cepat tetapi tetap dengan bobot sebagaimana yang ditargetkan.
  5. Serta membantu menyediakan suplai oksigen terlarut dalam air sehingga ekosistem kolam manjadi sehat.

Cara praktis aplikasi TON pada budidaya perikanan yaitu :

  1. Campurkan air 10 liter + 2 sendok makan TON.
  2. Siram-siramkan atau percik-percikkan larutan TON tersebut ke sekitar permukaan kolam ikan secara merata.
  3. Aplikasi ini dilakukan idealnya setiap 1 munggu sekali.
  4. Bisa ditingkatkan intensitasnya apabila tiba musim hujan.
  5. Setiap kali turun hujan tebarkan larutan TON untuk menetralkan asam yang terkandung pada air hujan yang masuk ke kolam ikan.
  6. Aplikasi larutan TON juga perlu dilakukan pada saat air kolam berbau menyengat.

Kunci  keberhasilan berikutnya adalah memberikan tambahan nutrisi serta vitamin bagi ternak ikan lele melalui pakan pelet. Nutrisi dan vitamin yang diberikan ialah VITERNA Plus, POC NASA dan HORMONIK.

Pemberian TON, VITERNA Plus, POC NASA dan HORMONIK sangat membantu dalam meningkatkan nafsu makan ikan sehingga pertumbuhan ikan bisa dipercepat.

Manfaat lain antara lain

  1. Membantu menurunkan angka kematian ikan,
  2. mengatasi stress pada ikan,
  3. serta memberikan peningkatan kualitas pada daging ikan yang dihasilkan serta rendah kolesterol.

Dengan pemberian ketiga vitamin tersebut akan menjaga pertumbuhan ikan lebih seragam serta membantu mempercepat masa panen ikan, karena pertumbuhan ikan lele berlangsung lebih cepat.

Cara pemakaian:

  • Pupuk Tambak Organik Nusantara (TON)  dipakai sebagai pupuk kolam atau tambak. Campurkan  2 sendok makan TON atau Pupuk Tambak Organik  dengan 20 liter air setelah itu  siram-siramkan di air kolam untuk ukuran kolam 100m2
  • VITERNA + hormonik+ POC NASA dipakai sebagai suplemen campuran pakan ikan. Campur  menjadi satu wadah, 1 botol VITERNA ukuran 500 cc + 1 botol  HORMONIK  100 cc + poc NASA 500cc. Kemudian  dari campuran tersebut ambil 1 tutup (10 cc) tambahkan air seperlunya kemudian campurkan dengan 2,5 Kg pakan apa saja.anginkan terlebih dulu supaya meresap baru kemudian di berikan ke ikan.

Manfaat VITERNA ,POC NASA dan HORMONIK

  • VITERNA Plus menggunakan teknologi asam amino yang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh ikan, yakni dengan meneliti berbagai nutrisi yang diperlukan ikan.
  • POC NASA yang mengandung berbagai mineral penting untuk pertumbuhan ikan, seperti N, P, K, Ca, Mg, Fe dan lain-lain serta dilengkapi protein & lemak nabati, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan bobot harian ikan, meningkatkan ketahanan tubuh ikan, dan mengurangi kadar kolesterol daging.
  • HORMONIK berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh bagi ikan. Adapun formula ini penting sekali dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ikan secara keseluruhan.

Meningkatkan nafsu makan ikan, sehat, ikan tidak stress, angka kematian sangat rendah, tahan penyakit, serta menghasilkan daging ikan bermutu tinggi karena rendah kolesterol.

Untuk Info dan Pemesanan Produk

Budidaya Ikan Lele

Hubungi segera (call/sms/WA) kiosnasa.com

Distributor Resmi PT. Natural Nusantara

085642250987

Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal dengan teknologi Organik NASA | Pusat Informasi dan Penjualan Produk Nasa

Belum ada komentar untuk Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal dengan teknologi Organik NASA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:

Admin kiosnasa.com


Wahyu Dwi Martanto / Novi Andreani Islamy

Telp/Hp.:
085642250987
085600264016

Alamat: Genuksari, Semarang, Jawa Tengah

PT Natural Nusantara


PT. Natural Nusantara
Jl. Ring Road Barat no 72 Sleman, Yogjakarta.
Call Center: 0274-6499191
SIDEBAR